Apa Yang Terjadi Jika Lebah Madu Punah?

Lebah madu telah di kenal oleh manusia sejak zaman budaya-budaya kuno beberapa ribu tahun yang lalu
Al Qur'an menempatkan secara istimewa lebah madu menjadi sebuah judul yaitu An Nahl (Lebah Madu). Dalam salah satu ayatnya (Surah An Nahl ayat 68-69 tertulis: Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah di mudahkan. Kemudian dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir.
Apa yang akan terjadi jika lebah madu punah? Ilmuwan Albert Einstein pernah mengatakan hal yang membuat masyarakat sangat terkejut. Katanya, Jika lebah menghilang dari permukan bumi, manusia hanya punya kesempatan hidup selama empat tahun setelah lebah itu punah. Saat itu memang banyak yang kurang yakin dengan teori Einstein itu.
Namun pernyataan Einstein tersebut terbukti benar. Setelah diteliti lebih lanjut ternyata Kepunahan lebah madu akan mengancam keamanan pangan dunia. Hampir sepertiga hasil pertanian dunia bergantung pada penyerbukan hewan, sebagian besar berada di tangan lebah madu. Makanan yang dihasilkan dari penyerbukan tersebut  menghasilkan mineral, vitamin dan anti oksidan bagi tubuh manusia lho sobat Orbit, Jadi tidak terbayangkan bagaimana jika lebah tidak melakukan penyerbukan? Akan banyak sekali manusia yang kekurangan nutrisi. Dan tidak aka nada buah, sayur, kacang, dan bunga yang tumbuh dengan baik.
Krisis lebah dipandang sebagai keprihatinan serius. Saat ini dikabarkan jumlah koloni lebah madu AS telah gagal bertahan hidup selama musim dingin. Kewaspadaan yang sama juga muncul di Eropa, Amerika Latin dan Asia. Akibatnya populsi lebah mulai menurun. Bayak lebah yang mati karena virus, polusi, pestisida yang berlebihan sehingga mengganggu sistim syaraf lebah muda serta pengurangan habitat besar-besaran.
Lebah yang terancam punah sudah mencapai titik berbahaya. Bahkan, Amerika Serikat mengklaim bahwa keadaan ini sangat ekstrim dibandingkan 1961. China juga mengalami masalah yang sama. Pestisida yang digunakan di kebun pir sudah menyapu bersih lebah di kawasan Sichuan pada 1980. Karenanya, petani China saat ini menggunakan sistem penyerbukan dengan tangan. Hal itu sangat menyulitkan lho, mengingat satu koloni lebah bisa menyerbuki bunga hingga 300 meter per hari.
Menyadari pentingnya keberadaan lebah madu, Negara Jerman, Prancis dan Italia telah melarang beberapa pestisida terutama neonicotinoids (semacam tembakau) yang membahayakan keberadaan lebah. Asosiasi Peternak Lebah Inggris menyerukan ulasan aturan pembatasan pestisida karena khawatir negara tersebut benar-benar kehilangan lebah dalam satu dekade terakhir.
Wah, ternyata keberadaan lebah madu sangat penting sekali, di Negara lain saja sudah melakukan upaya penyelamatan lebah madu ini, bagaimana dengan Indonesia? Nampaknya petani kita butuh pemberitahuan lebih lanjut tentang pentingnya keberadaan lebah madu ini.
Sumber:

StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

3 Komentar:

Anonim mengatakan... Reply

If you have a website, you can use Google
Trends for your website traffic to increase as well.

Researches have also found the Broccoli also contains necessary enzymes such as myrosinase in it.
It's more than just doing the right things or being involved in a good opportunity.

my page http://amourevens.com/profile/moniquemiz

gel pelangsing perut mengatakan... Reply

bukan karena madunya tapi peranan lebahnya

Anonim mengatakan... Reply

It's an remarkable post in favor of all the online users; they
will obtain advantage from it I am sure.

Feel free to surf to my web site house sitting rates of pay,
,

| Kategori |

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

--Berlangganan--

--Komentar Terbaru--